Ibu Mencius: Ibu Paling Terkenal dalam Sejarah Tiongkok Kuno

Share
Legenda mengatakan bahwa nama ibu Mencius adalah Chang-shih dan bahwa dia berpindah tempat tinggal tiga kali demi Mencius.
 Orang Tiongkok Kuno mengenal empat karakter idiom 孟母 (三 迁) mengacu pada legenda yang ibu Mencius 'memindahkan rumah mereka tiga kali - dari sebelah sebuah kuburan sampai sebelah pasar (versi lain dari cerita mengatakan berpindah rumah di sebelah rumah pemotongan hewan), akhirnya di samping sekolah - sebelum menemukan lokasi bahwa dia merasa cocok untuk mengasuhnya.

Sebagai ekspresi, idiom itu mengacu pada pentingnya lingkungan yang baik untuk pengasuhan yang tepat pada anak-anak.

Pada awalnya mereka tinggal di dekat kuburan, dan Mencius muda merasa geli sendiri dengan tindakan berbagai adegan yang ia saksikan di kuburan. "Tempat ini, kata
ibunya, "bukan tempat cocok untuk anak saya," dan ia pindah ke sebuah rumah di sebelah pasar. Namun, perubahan itu tidak ada kemajuan. Anak itu menirukan pedagang berkoar-koar memanggil pembeli, membual tentang barang dagangannya, menipu timbangan dan mengelabui pembeli.

Ibunya mencari rumah baru, dan akhirnya menemukan dekat dengan sekolah. Kemudian perhatian anaknya tertuju pada sikap sopan santun dan rajin belajar yang diajarkan kepada para pelajar, dan ia berusaha untuk meniru mereka. Sang ibu merasa puas. "Ini," katanya, "adalah tempat yang tepat untuk anakku."

Cerita lain pada masa ini menceritakan tentang toko pemotongan daging babi dekat rumah mereka.
Suatu hari Mencius menanyakan kepada ibunya untuk apa toko itu membunuh babi, dan
memberitahukan bahwa itu untuk dimakan. Hati nurani-nya langsung menegurnya bahwa selama ini ia tidak pernah membeli daging babi untuk dimakan karena tak mampu.

Dia berkata pada dirinya sendiri, "Sewaktu saya masih mengandung anak ini didalam rahim saya, saya tidak akan duduk jika tikar tidak ditempatkan persegi, dan saya tidak makan daging yang tidak dipotong dengan baik, intinya saya mengajarinya sebelum ia lahir. Dan sekarang ketika kecerdasannya sedang terbuka, saya harus mengajar dia kesejatian!" Dengan ini ia pergi dan membeli potongan daging babi untuk membuktikan kata-katanya.

Suatu hari Ketika Mencius pulang ke rumah dari sekolah, ibunya melihat dari celah jaring yang ia tenun, dan bertanya pelajaran di sekolah. Dia menjawab iseng bahwa dia melakukan dengan cukup baik. Ibunya mengambil pisau dan memotong tenunannya. Anaknya terkejut, dan bertanya apa maksudnya. Ibunya menjelaskan panjang lebar bahwa tidak serius melakukan sesuatu (terutama dalam hal menuntut ilmu) bagaikan memotong tenunan setengah jadi, apa yang telah dilakukan sebelumnya akan menjadi sia-sia.
Ada dua kisah lain tentang Chang-shih kemudian setelah Mencius menikah.

Suatu hari Istrinya berjongkok di kamarnya sendiri, ketika Mencius masuk la begitu tersinggung menemukan dirinya dalam posisi itu, ia mengatakan kepada ibunya, dan menyatakan niatnya untuk menyuruhnya pergi, karena "dia memerlukan kesopanan. "

“Sebenarnya kamu yang tidak memiliki kesopanan," kata ibunya, "dan bukan istrimu. Bukankah Aturan Kesopanan menjelaskan bahwa, "Ketika Anda akan masuk sebuah aula, tinggikan nada suara Anda, ketika Anda memasuki sebuah pintu, ketuklah dulu? "Alasan untuk peraturan ini adalah karena orang mungkin belum siap. Tapi kamu memasuki pintu tanpa mengetuk, dan sehingga menyebabkan istri Anda menjadi tertangkap sedang berjongkok Baik kamu maupun istrimu sama-sama kurang sopan dalam hal ini." Mencius mencari kesalahan ke dalam diri sendiri, dan tidak mengusir istrinya.

Suatu hari, ketika ia tinggal bersama ibunya di Chi, ia dilanda keadaan rasa duka sambil berdiri bersandar di pilar, dan sang ibu bertanya penyebabnya. Dia menjawab, "Saya telah mendengar bahwa orang hebat menempati tempat yang sesuai, tidak menerima hadiah yang dia tidak berhak, dan tidak gila kehormatan dan harta. Sekarang falsafah saya tidak bisa dijalankan di negeri Chi ini -saya ingin meninggalkan kota ini, tapi saya memikirkan usia tua ibu, dan saya khawatir."

Ibunya berkata, "Ini bukan hak seorang wanita untuk menentukan apa pun dari dirinya, tapi ia tunduk pada aturan dari tiga kepatuhan. Ketika muda, dia harus mematuhi orang tuanya, ketika menikah, dia harus taat pada suaminya; ketika janda, dia harus mematuhi anaknya. Kamu kini adalah orang dewasa, dan saya tua. Berbuatlah sesuai kebenaran yang memberitahu Anda, dan saya akan bertindak sesuai dengan aturan yang berlaku untuk saya. Kenapa harus cemas? "

Itulah teladan yang sudah saya temukan dari ibu Mencius. Kami juga percaya bahwa dia adalah seorang wanita yang sangat berkarakter moral tinggi, dan anaknya selanjutnya mampu dalam mengambil keputusan yang besar karena pengaruh pola pengasuhannya.

0 komentar:

Posting Komentar